.

Indoleaks - Wikileaks Indonesia

Bagi para netter yang haus wawasan dan kajian kini telah muncul sebuah situs semacam WikiLeaks bernama IndoLeaks.org di Indonesia. Indoleaks - Wikileaks Indonesia ini merupakan salah satu referensi kajian bagi kita. Mottonya adalah "sebab informasi adalah hak asasi".
Pada rubrik Tentang kami tertulis "Indoleaks muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia". 

Situs ini dibuat dan diresmikan pada 7 Desember 2010, mengklaim telah memiliki ratusan koleksi dokumen. Namun, Indoleaks memilah dan menyeleksi dokumen yang pantas untuk diketahui publik.

Sayangnya, sebagai pihak yang menyerukan keterbukaan informasi dan transparansi, situs ini belum mengungkapkan identitas para pengurus di belakangnya.
Setidaknya, situs yang tampilannya masih terlihat sederhana itu mengajak para whistleblower yang memiliki informasi penting untuk mengirimkan dokumen-dokumen ke alamat email mereka dengan beberapa persyaratan.

Antara lain, dokumen tersebut harus orisinal tanpa ada opini yang menyertainya, memiliki kepentingan publik, dan tidak terkait dengan rekening rekam jejak kesehatan seseorang atau rahasia pribadi lainnya.
Dalam situsnya, IndoLeaks menyatakan bersedia melindungi narasumber dokumen itu dengan nama anonim. 

Hingga kini, IndoLeaks telah mempublikasikan beberapa dokumen, antara lain laporan kedubes AS mengenai Timor Timur, transkrip mantan Presiden Soeharto dengan Gerald Ford, laporan akhir Tim Pencari Fakta (TPF) Kasus Munir, serta Memorandum of Understanding (MoU) pemerintah Indonesia dan Microsoft.
Mari kita simak dan kaji secara positif informasi diatas secara bijak dan obyektif. Semoga bila itu suatu kebenaran bisa sedikit membuka tabir rahasia yang selama ini terpendam.

Silahkan baca artikel menarik lainnya :

0 comments:

Post a Comment

List Video

Loading...
 

GADGET REVIEW/INFORMATION Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal