.

Cara Curang Provider GSM dan CDMA

Dewasa ini tentunya rekan pembaca ataupun sobat blogger mengetahui tingkat persaingan provider GSM dan CDMA di Indonesia ini. Berbagai promosi dilakukan dengan berbagai cara bahkan mereka secara sadar melakukan pembohongan publik secara semu. Cara Curang Provider GSM dan CDMA ini dilakukan dengan bersembunyi pada term 'syarat dan ketentuan berlaku' dalam tulisan yang sangat kecil dan tidak jelas. Belum lagi aktivasi dan kiriman SMS otomatis yang men-debet pulsa kita secara otomatis pula. Bah apa pula ini!!, Pikasebeleun!!

Persaingan ataupun kompetisi sih boleh-boleh saja asalkan tetap sehat dan sportif. Menarik keuntungan juga sah-sah saja tapi tentunya dengan cara-cara yang memiliki nilai etika dan menghargai konsumen tentunya. Admin Allien 99 ingin sedikit berbagi pengalaman disini dan mungkin bisa dirunut sebagai berikut :

Provider CDMA - SMART

Unreg 3323 kata Bijak
Bagi anda yang memiliki handphone CDMA Smart mungkin pernah mengalami hal ini. Setiap hari kita dikirim SMS kata-kata bijak ke nomor yang kita miliki tanpa kita mendaftar sebelumnya. Tapi tahukah anda bahwa dari setiap SMS yang terkirim tersebut pulsa anda akan di debet sebesar Rp.500/SMS!! dan tanpa kita sadari pulsa kita ludes tak bersisa. Sialnya lagi cara Unreg-nya (berhenti berlangganan) pun tidak seperti biasanya harus dengan cara yang berbeda dan hal ini cukup merepotkan. Bagi anda yang ingin mengetahui cara Unreg 3323 Kata Bijak dari Smart bisa menuju link yang penulis sediakan.


Perubahan Data layanan internet tanpa notifikasi Jelas
Pada bulan Mei 2011 Smartfren telah merubah layanan internet pada pelanggannya dan mengabaikan notifikasi/pemberitahuan dalam quota penggunaan internet. Misalnya saja pada bulan sebelumnya setiap pengisan pulsa Rp.50.000 gratis 15 hari internet unlimited dan setelah habis kita bisa mendaftar untuk paket 30 hari kedepan senilai Rp.45.000 (Paket Reguler). Bulan Mei 2011 ini berubah tanpa pemberitahuan yang jelas menjadi Bonus 500 Mb tiap pembelian pulsa Rp.50.000 maka alhasil tanpa disadari dalam 2-3 hari pulsa kita habis terkuras sebesar 50.000. Cerdasss!! .. Setelah berkunjung pada situsnya barulah dijelaskan perubahan data layanan tersebut. kenapa tidak otomatis dalam sms saja? apakah ini suatu ketidakjelasan yang disengaja?

Aktivasi facebook dan ringtone otomatis dari ESIA

Kejadian berikutnya mungkin tidak jauh berbeda. Hal ini menimpa pengguna provider CDMA Esia yang mengalami pemakaian pulsa otomatis tanpa registrasi dari penggunanya. Contoh kasusnya adalah sebagai berikut.

RBT Ringtone aktif tanpa registrasi pemilik nomor
RBT Ringtone aktif sendiri tanpa registrasi dari pemilik nomor Esia dan secara otomatis pula pulsa anda akan didebet sesuai nilai RBT lagu tersebut. Apakah anda dijaili seseorang ataukah anda dijaili provider tersebut, itu pertanyaannya.

Langganan Facebook secara otomatis
Bagi anda pengguna handphone Esia tentunya mengetahui ada layanan berlangganan facebook selama kurun waktu tertentu. Selanjutnya bila anda tidak ingin berlangganan maka dilakukan Unreg dengan masuk pada Menu Facebook di HP anda dan Unreg pada halaman terakhir menu page facebook tersebut. Tapi anehnya dalam jangka waktu 1-2 minggu kemudian anda pemberitahuan bahwa anda berlangganan Facebook kembali untuk kurun waktu berikutnya. Habislah pulsa anda. Pertanyaan kembali, Apakah pulsa kita dibajak seseorang ataukah dibajak provider yang bersangkutan?

Korban Promosi  Provider GSM
Promosi yang gencar dari GSM seperti Pro XL, 3, Axis, Kartu As, Mentari dll menyebabkan sensasi promo yang kurang jelas. Banyak hal yang kita tidak ketahui dan menajdi korban dari ketidakjelasan promo tersebut. Semuanya kembali pada term 'syarat danketentuan berlaku' dan anda tidak bisa complain karena tidak teliti pada terms tersebut.

Persaingan yang ketat membuat kita senang karena konsumen semakin dimanjakan dengan nilai pulsan dan pemakaian yang semakin murah, tapi konsekwensi adalah provider mencari celah kesalahan konsumen untuk menjadi korban dari ketidaktelitian pada term yang diberlakukan masing-masing perusahaan.

Terlepas dari benar dan tidaknya tulisan diatas, mungkin kita perlu menyikapinya secara bijak dalam penggunaan pulsa yang kita miliki  (apapun itu provider-nya), agar lebih teliti dalam menyikapi gencarnya promosi yang menggiurkan dari masing-masing provider. Disarankan untuk selalu memastikan aturan yang berlaku sebelum melakukan registrasi dari program-program promo yang ada.

Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua dan menjadi pembelajaran bersama dalam menyikapi permasalahan diatas. Mohon maaf bila tulisan ini tidak berkenan dan tidak bermaksud menyudutkan pihak-pihak tetentu karena inti tulisan hanya sekedar berbagi wawasan dan pengalaman.

Bagi rekan pembaca dan sobat blogger yang memiliki pendapat, saran ataupun pengalaman sejenis mungkin bisa sedikit berbagi disini dengan mengisi kolom komentar. Terimakasih sebelumnya.
Allien99@counter-pulsa  

0 comments:

Post a Comment

 

GADGET REVIEW/INFORMATION Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal